Home » Blog » Waktu Shalat Ashar
Tuesday, July 16th 2013. Posted in CONTOH PESANAN
waktu shalat ashar

waktu shalat ashar

Shalat ashar yaitu shalat wustha yang artinya adalah pertengahan. Allah SWT sangat menekankan bagi makhluknya untuk menjaga waktu shalat ini. Nabi alaihishshalatu wassalam juga menjadikannya seperti shalat subuh yang dapat menjadi sebab masuknya seseorang ke dalam surga kelak. Dan sebaliknya, bahwa beliau memperingatkan kepada ummatnya jangan sampai meninggalkan shalat ashar, karena dapat menghapus amalan bagi seorang hamba. Terdapat sebuah hadits Buraidah yang juga menjelaskan mengenai ini. Selain itu, Imam Ahmad Rahimahullah berpendapat bahwa hadits-hadits ancaman tersebut tidak perlu untuk ditafsirkan agar lebih ditakuti bagi orang yang berniat melanggarnya.

Shalat ashar merupakan waktu shalat yang disaksikan oleh para malaikat. Begitu pula halnya dengan shalat subuh yang dimana pada waktu shalat itu juga disaksikan langsung oleh para malaikat. Sesungguhnya Allah SWT mengutus para malaikatnya untuk mencatat amalan hamba-Nya ketika masuk waktu shalat subuh dan waktu shalat ashar. Oleh karena itu, shalat subuh dan ashar ini memiliki keutaman tersendiri yaitu disaksikan langsung oleh para malaikat yang diutus oleh Allah SWT pada kedua waktu shalat tersebut.

Menurut Mazhab Syafi’i, Hambali, dan Maliki, bahwasanya waktu shalat ashar yaitu diawali apabila panjang bayangan benda yang terkena sinar matahari sudah melebihi panjang dari ukuran sesungguhnya benda tersebut. Sedangkan Madzab Imam Hanafi, mendefinisikan waktu shalat ashar adalah apabila panjang bayangan benda dari pancaran sinar matahari sudah mencapai dua kali ukuran benda tersebut. Waktu shalat ashar juga dapat dihitung dengan rumus algoritma khusus menggunakan perhitungan trigonometri 3 dimensi. Ketinggian matahari ketika masuk waktu shalat ashar secara astronomis dapat bervariasi tergantung pada posisi gerak musim atau gerak tahunan matahari. Untuk Indonesia, waktu shalat ashar yang dianut oleh Departemen Agama, yaitu ketika panjang bayangan adalah sama dengan panjang benda asli ditambah panjang bayangan saat istiwa (pertengahan hari dimana posisi matahari berada pada posisi puncak). Maka, dengan begitu untuk besaran sudut tinggi matahari ketika masuk waktu shalat ashar (a°) berbeda tiap harinya.

Produk terbaru

TQ-05-SKC
Rp 1.900.000
TQ 23 RA G
Rp 11.500.000
TQ 10 SH M
Rp 3.200.000
TQ-10-RNH G
Rp 7.000.000
TQ-10-RFK
Rp 9.300.000
TQ-23-RA M
Rp 11.500.000
TQ 10 SB M
Rp 3.200.000
Toko Kami ada di
Klik G+ utk Info Update
Fan Page
Pin BB PUTRA LINIAJI Group

Pengiriman
Penjelasan Kode

Hubungi Kami
Hotline :021 3 6666 901
Sms :0813 1975 1770
PIN BB 29732940
Alamat: ITC Cempaka Mas Lantai Dasar Blok E No. 333 ( Depan TIKI ) Jl. Jend. Suprapto Jakarta Pusat